Google+ Badge

Tuesday, September 11, 2012

belajar ips tentang Jalur cincin gempa berbahaya

Jalur cincin gempa berbahaya

Jalur cincin gempa berbahaya? jalur cincin gempa ini sudah membuat ribuan nyawa saudara kita di indonesia melayang. Saya sebenarnya malas menuliskan berita gempa yang tidak berhubungan dengan topik blog ini, tapi karena ini sudah menyangkut saudara kita yang terkena musibah maka saya merasa terpanggil untuk sekedar memperingatkan akan bahaya dari jalur cincin gempa ini. Jalur Cincin Gempa atau biasa di sebut juga cincin api fasifik adalah merupakan sekumpulan gugusan gunung berapi di kawasan Pasifik yang juga melewati wilayah negara kita yaitu indonesia, jalur cincin gempa ini mengakibatkan wilayah yang dilewatinya akan rawan letusan letusan lahar gunung vulkanik dan tentu saja rawan gempa.


Foto jalur cincin gempa
Dari data yang saya tau ada sekitar 90 persen gempa bumi yang terjadi di dunia berada di jalur cincin gempa atau disebut cincin api fasifik, dan 81 Persen gempa yang telah terjadi merupakan gempa paling terbesar yang pernah terjadi dalam sejarah. Gunung merapi yang berada dalam jalur cincin gempa di Indonesia terdiri dari 400 gunung berapi, dan 130 diantaranya masih berkategori sebagai gunung berapi aktif.

Sahabat semua. dari data diatas kita harus mewaspadai bahwa sewaktu-waktu jalur cincin gempa ini akan menimbulkan bencana lagi dan yang paling bahaya adalah terjadinya beberapa letusan dan gempa dari gunung merapi yang aktif dan sangat banyak jumlahnya di indonesia ini.. Mudah-mudahan kita lebih waspada dan untuk saudara-saudara kita yang terkena musibah dari efek jalur cincin gempa ini semoga dilapangkan dadanya dan diberi ketabahan oleh Tuhan Yang Maha Esa.. Amin.

No comments: