Google+ Badge

Monday, October 14, 2013

Koin Vatikan Salah Tulis 'Jesus' Jadi 'Lesus'



Lebih dari 6000 koin medali yang dicetak untuk memperingati tahun pertama kepemimpinan Paus Fransiskus di Vatikan terpaksa ditarik kembali. Pasalnya terjadi kesalahan penulisan nama Yesus.
Penulisan salah tersebut terletak pada kalimat penting awal panggilan Paus Fransiskus atau Jorge Mario Bergoglio menjadi seorang kepala imam, yang bertuliskan: "Vidit ergo Jesus publicanum et quai miserando atque eligendo vidit, ait illi sequere me". Kata yang seharusnya ditulis "Jesus" ternyata ditulis dengan "Lesus".
Akibatnya seluruh medali emas, perak maupun perunggu yang hendak dijual sejak Selasa (8/10) kemarin, terpaksa ditarik kembali. Sementara di sisi lain dari medali yang diproduksi oleh Italian State Mint ini, tidak tampak adanya kesalahan pencetakan dalam tulisan "Franciscus Pont. Max. An. I." dengan gambar Paus Fransiskus yang ditampilkan di depannya.
Sebagai manusia, wajar bila kadang kala melakukan kesilapan atau kesalahan sebab tak ada manusia yang selalu dapat melakukan kesempurnaan, terlepas dari motif lain yang mendasarinya.  
Koin Vatikan Salah Tulis

No comments: