Google+ Badge

Monday, October 14, 2013

Paus Fransiskus : Tuhan Bukan Katolik, Tuhan Adalah Universal



Reformasi didalam tubuh Vatikan nampaknya terus bergulir dalam era kepemimpinan Paus Fransiskus. Bukan hanya para pejabatnya saja, namun nilai-nilai tradisi yang selama ini dijaga sejak lama mengalami proses perubahan yang meletakkan dasar kebersamaan secara manusiawi.

Hal ini terkemuka dalam pernyataan mengejutkan yang diutarakan Paus Fransiskus mengenai kepercayaannya kepada Tuhan, ketika diwawancarai harian terbitan Italia,La Repubblica. "Saya percaya akan Tuhan, tetapi bukan (kepada) Tuhan Katolik," kata Paus.

Paus asal Argentina itupun mengelaborasi lagi pernyataannya tersebut secara spesifik. Dirinya menjelaskan bahwa sebagai pemimpin umat Katolik, dia memercayai Tuhan dan Yesus Kristus sebagai inkarnasi Tuhan. "Tuhan bukan Katolik. Tuhan adalah universal, dan kita adalah umat Katolik karena cara kita memuja Dia."

"Yesus adalah guru dan pemimpin saya. Tetapi Tuhan, Bapa, adalah cahaya dan Sang Pencipta. Itulah yang saya yakini. Apakah menurut Anda keyakinan kita jauh berbeda?" tanya Paus kepada sang pewawancara yang tak lain adalah pendiri dan mantan editor harian La Repubblica, Eugenio Scalfari.

Dirinya juga menambahkan bahwa dia tak selalu sepakat dengan apa yang selama ini menjadi standar Gereja Katolik. "Pandangan Vatikan sentris telah mengabaikan dunia di sekitar kita. Saya tak sepakat dengan cara ini, dan saya akan lakukan apa pun untuk mengubahnya," katanya menegaskan.
Sejak pertama kali menjabat sebagai Paus, Fransiskus kerap melakukan langkah yang cukup berani dan diluar dari kebiasaan Vatikan. Meski mendapat banyak kritikan tajam, namun Paus Fransiskus tetap meyakini bahwa jalan pelayanannya adalah tak terbatas pada apapun dan fokus pada kebersamaan juga pelayanan penuh terhadap sesame tanpa membeda-bedakan.
Paus Fransiskus : Tuhan Bukan Katolik, Tuhan Adalah Universal 

No comments: