Google+ Badge

Tuesday, November 5, 2013

Arkeolog Temukan Kota Tua Bekas Kunjungan Yesus



Arkeolog Temukan Kota Tua Bekas Kunjungan Yesus

Tim arkeologi yang dipimpin oleh Ken Dark menemukan sebuah kota tua yang berkaitan dengan yang disebut di kitab Markus dengan nama kota Dalmanuta. Kota yang berusia lebih dari 2000 tahun ini terletak di pantai lepas bagian Barat Laut Danau Galilea di lembah Ginosar Israel.
Daerah ini diyakini sebagai tempat yang pernah dikunjungi oleh Yesus setelah memberi makan 4000 orang dengan roti dan ikan lalu kemudian bertolak ke daerah Dalmanuta yang disebut satu kali di Markus 8: 10-13.
"Ia (Yesus) segera naik ke perahu dengan murid-murid-Nya dan bertolak ke daerah Dalmanuta. Lalu muncullah orang-orang Farisi dan bersoal jawab dengan Yesus. Untuk mencobai Dia mereka meminta dari pada-Nya suatu tanda dari sorga," seperti tertulis di Markus 8: 10-11.
Demikian halnya dengan perahu yang ditemukan di tahun 1986 di bibir pantai, terkait dengan jangka waktu yang sama. Di dalam artikel yang ditulis Dark dan telah dimuat di Palestine Exploration Quarterly,ia menulis bahwa kota tersebut sangat kaya, terbukti dengan hasil penemuan kaca kapal dan amphora atau sebuah wadah tempat berbagai cairan seperti minyak zaitun dan air anggur.
Dark dan tim juga yakin bahwa peninggalan yang ditemukan menunjukkan Yahudi dan orang-orang yang berkeyakinan politeistik hidup secara berdampingan. Selain itu,  penelitian menunjukkan bahwa jarak antara kota Dalmanuta dengan kota lain seperti Magdala hanya berkisar 500 meter. Jarak kedua kota ini disebut penuh dengan tembikar kuno.
Jejak perjalanan sejarah yang berkaitan dengan pelayanan Yesus 2000 tahun lalu telah banyak ditemukan oleh para arkeologi. Meskipun masih belum dapat dipastikan kebenarannya, namun berdampak positif sebagai pembelajaran sejarah yang didasarkan lewat Alkitab.



No comments: