Google+ Badge

Thursday, November 14, 2013

Mafia Italia berencana bunuh Paus Fransiskus

Mafia Italia berencana bunuh Paus Fransiskus
Paus Fransiskus. umm.ac.id ©2013 Merdeka.com
Merdeka.com - Seorang jaksa senior dari Kota Reggio Calabria, Italia, Nicola Gratteri mengatakan nyawa Paus Fransiskus terancam lantaran para mafia Negeri Pisa itu bakal membunuhnya. Ini lantaran Paus hendak menyapu bersih korupsi dan pencucian uang.
Surat kabar the Daily Mail melaporkan, Kamis (14/11), seruan Fransiskus ini membuat sejumlah kelompok penjahat terorganisir itu meradang lantaran Bank Vatikan lama digunakan untuk pencucian uang para mafia. Salah satu khotbah Paus memang mengatakan agar mafia bertobat dan tidak melakukan hal curang.
Para anggota mafia geng Calabria Ndrangheta bahkan sampai datang ke gereja dengan gelisah dan gugup. "Mereka berada di lingkarang keuangan mafia bersangkutan dengan Fransiskus dan pemimpin Takhta Suci ini sudah memakai salib besi dalam perang salibnya melawan korupsi dan pencucian uang," ujar Gratteri.
Rencana Paus bernama asli Jorge Bergoglio ono membongkar pusat kekuatan ekonomi Vatikan. Jika ada yang mencurigakan dia tak segan menendang siapa pun melakukan kecurangan.
Fransiskus tidak menghadapi geng sembarangan. Ndrangheta merupakan organisasi mafia terbesar ketiga mengkhususkan diri dalam perdagangan kokain dan menginvestasikan keuntungannya di Italia utara, Jerman, dan Amerika Serikat. Mereka juga terhubung dengan kelompok teroris sejagat dan kartel narkotika di Meksiko serta Amerika Selatan.
"Saya tidak tahu apakah mereka benar-benar akan membunuh Paus, tapi mereka pasti mempertimbangkan hal ini. Nyawa Fransiskus dalam bahaya saat ini," kata Gratteri.


No comments: